GRESIK, (BPK).- PKM Usaha Multi Furnitur berbahan kayu dan logam “CV Restu Ibu”, Kec. Sidayu, Gresik Kota Gresik dikenal dengan kawasan industri di berbagai macam bidang seperti mebel, kerajinan, makanan, wisata dan lain sebagainya.

Salah satunya adalah usaha Mebel yang dilakukan Oleh Mitra Usaha Mitra Multi Furnitur “CV Restu Ibu” yang dimiliki oleh Bapak Masbuchin berada di Jl. Pekuncen, RT.01/RW.01, Ngawen, Kecamatan Sidayu, Gresik.

Yang merintis usaha jasa pembuatan produk berbahan dasar kayu, logam, besi, dan kaca dan telah menjalankan usahanya kurang lebih 25 tahun.

Sebagai Pemilik, Bapak Masbuchin dibantu oleh 6 orang pekerja, diantaranya 3 orang tenaga produksi kayu, 2 orang tenaga produksi aluminium, dan 1 orang tenaga produksi besi dan stainless.

Mitra ini berjarak 49,5 KM dari kampus ITATS. Akses jalan menuju lokasi dapat ditempuh sedikit kurang lancar dikarenakan aksesnya dilalui oleh lalu lintas kendaraan yang sangat padat karena merupakan akses jalur provinsi juga, untuk sampai pada tempat Mitra, perjalanan ditempuh selama kurang lebih 1 jam 45 menit via Tol Manyar Gresik.

Dalam melakukan usahanya mebel yang dijalani, Mitra ini banyak permasalahan yang kemudian diangkat sebagai Mitra dalam Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat  (PKM) masalah yang dihadapi yaitu masalah Penguatan Identitas terkait Branding perusahaan, lalu masalah produksi produk yang kurang variatif, serta permasalahan pemasaran digital yang sama sekali belum diterapkan.

Potensi dan permasalahan tersebut dijadikan objek riset oleh dosen dari kampus Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) yang ingin mengembangkan dan mendampingi Usaha Mitra Multi Furnitur “CV Restu Ibu” melalui Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) yang di biayai oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang diketuai oleh Choirul Anam, ST., M.Ds sebagai dosen di Jurusan Desain Produk, bersama dengan Shah Khadafi S.Kom., M.Kom dari Jurusan Sistem Komputer serta Brina Oktafiana, ST. MT. dari Jurusan.

Teknik Arsitektur dengan melakukan Pendampingan dan pembimbingan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi yang dilakukan oleh Mitra Sesuai dengan Keahlian Bidang masing-masing.

Pendampingan yang dilakukan dimulai dari penguatan identitas berupa pendaftaran merk dan nama baru untuk mitra dari Usaha Mitra Multi Furnitur “CV. Restu Ibu”, Menjadi “Restu Ibu Multi Furnitur” dikarenakan banyak merk yang menggunakan Nama “Restu Ibu” sehingga sulit untuk didaftarkan pada paten merk. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here