JAKARTA, (BPK). – Kapolda Metro Jaya Irjen pol Karyoto meminta anggotanya menghentikan pemudik motor yang membawa bayi. Pasalnya dilakukan karena dinilai bisa membahayakan mereka. Tutur Irjen KARYOTO

“Berikan kenyamanan demi untuk keselamatan kepada anak kecil yang ada. Tapi kalau (bawa) bayi, ya mau nggak mau ya kita paksa untuk berhenti.

Kalau perlu kita carikan untuk kendaraan,” kata Karyoto kepada wartawan di pos pelayanan Kedung Waringin, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (20/4/2023).

Karyoto mengatakan kebijakan tersebut dibuat karena pernah ada kejadian pada pemudik sepeda motor yang membawa bayi berdampak pada kesehatan si bayi.

“Karena pengalaman tahun yang lalu, pernah ada dipeluk erat-erat takutnya masuk angin, malah menimbulkan efek yang tidak baik terhadap bayi itu,” tuturnya.

Meski demikian, dia mengaku tak bisa melarang warga yang hendak mudik menggunakan sepeda motor. Pihaknya hanya bisa mengimbau pemudik tetap melihat kondisi kesehatan saat berkendara.

Dia juga mengatakan pos-pos mudik dapat digunakan masyarakat agar perjalanan ke kampung halaman tetap lancar.

“Artinya kalau capek silakan istirahat. Jangan paksakan karena pos-pos seperti ini, di Polres Bekasi aja yang sudah ada 4 pos, alangkah sangat membantu,” tukasnya.

Imbau Pemudik Istirahat Saat Lelah

Karyoto menambahkan pihak kepolisian juga mengimbau pemudik, khususnya yang menggunakan kendaraan roda dua, beristirahat dengan cukup. Dengan demikian, angka kecelakaan lalu lintas pun bisa ditekan.

“Kita imbau kalau memang capek istirahat. Situasi saat ini panasnya luar biasa. Kembali kita mengatakan saudara-saudara kita yang mudik pakai motor bisa berangkat dengan aman dan nyaman. Kalau konsentrasi bagus dan tidak ngebut potensi kecelakaan bisa ditekan,” kata Karyoto.

Karyoto juga meminta para pemudik memanfaatkan posko yang sudah disediakan untuk beristirahat. Banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan di posko Kedung Waringin, dari alat pijat, pengecekan kesehatan, hingga makanan gratis.

“Kita melihat TNI-Polri dan masyarakat, donatur baik, yang memberi lahan sponsor sudah sangat bagus kerjasama. Kita berikan fasilitas untuk saudara-saudara kita yang mudik menggunakan sepeda motor untuk istirahat. Ada tempat pijat, toilet, makanan semuanya gratis,” tegasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your name here
Please enter your comment!