Di Duga ada Kongkolingkong Oknum Kadus dengan Kades Barugbug Kecamatan Jatisari Kab.Karawang Di Duga Kentit BPNT PKM

KARAWANG – Berita Pemberantas Korupsi.com

Miris salah satu oknum Kadus Desa Barugbug Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang diduga bermain curang dengan menunda pencairan pembagian penyaluran sembako pada warga penerima KPM pada bulan Januari 2021.

Salah satu warga yang tidak mau di sebutkan identitasnya mengatakan kepada awak media, “saat ini sampai bulan februari 2021 kami belum terima bantuan dari BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai, red) padahal sudah bulan dua biasa nya 1 bulan sekali ada penyaluran BPNT, kata narasumber.

Tim investigasi coba mendatangi rumah Kadus tersebut untuk menggali informasi dan mencari kebenarannya. Alhasil awak media bisa bertemu dengan Romin, Kadus dimaksud dan juga Kepala Desa Barugbug SUHATIP yang kebetulan merupakan orang tua dari Kadus.

Dalam keterangan kepada media Kadus Romin beralasan bantuan baru akan disalurkan bulan depan. “Iya nanti akan disalurkan untuk periode yang akan datang dan itu bahan bahannya sudah disiapkan.” Ujar Romin.

“Untuk bulan lalu tidak disalurkan dikarenakan ada warga yang kartunya tidak ada. Ada 5 kartu, dan sampai saat ini baru 1 yang ketemu.” Ungkap Kadus Romin lagi.

Sementara Suhatip, Kepala Desa Barugbug membenarkan pernyataan kadus tersebut yang nota bene adalah orang tuanya sendiri. Dengan nada membela Kepala Desa memberikan alasan yang sama.

“Saya sudah peringatkan kepada bapak saya. Tapi nanti bantuan akan segera direalisasikan.” Ucap Kepala Desa.

Sesuai aturan yang berlaku, bantuan pangan non tunai (BNPT) disalurkan melaui BLink atau warung yang telah di tunjuk oleh pendamping kecamatan.Dan disalurkan bantuan tsb ke masyarakat (KPM) yg telah mendapatan kartu merah putih untuk pengambilan BPNT tsb.

Bantuan berupa sembako seharga 200,000 (dua ratus ribu rupiyah) biasanya yg telah di tentukan itu adalah sembako berupa beras, telur, daging ayam, sayur mayur, tahu/tempe, dan buah”an. Semua bisa di ambil warga pemegang KPM di warung yg telah di tunjuk sama pendamping PKH.

Pengambilan satu bulan sekali, tanggal masuknya dana tsb lewat ATM merah putih masing- masing KPM, demikian ya g telah ditentukan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karawang. “Pengambilan sudah ditetukan masing masing desa di BRILINK atau warung, dan kartu KPM merah putih peraturan kepala dinsos tidak boleh di pegang oleh brlink atau warung tersebut.”

Sementara itu Ketua KPM Desa Barugbug kecamatan Jati Sari, “sampai sekarang biasanya tgl 15 lambatnya tgl 17 sudah menerima bantuan tsb. Tapi sampai sekarang belum menerima.

Dalam pantauan tim investigasi ke Kantor Desa Barugbug didapati Kendaraan Dinas Desa dalam keadaan kurang terawat dan ban depan terlihat dibiarkan kempis.

Dengan adanya temuan investigasi tersebut diharapkan pihak terkait segera turun tangan, terutama Dinas Sosial Kabupaten Karawang untuk sidak ke warga setempat, dan mengambil sikap demi kebaikan masyarakat setempat.

(Tim/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your name here
Please enter your comment!