PURWAKARTA, (BPK).- Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta Purwanto, berkesempatan hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Workshop Penyusunan Instrumen Hots, Literasi / Numerasi Kurikulum Merdeka.

Kegiatan yang di gelar oleh SMPN 7 Purwakarta itu diikuti oleh seluruh warga sekolah, bertempat di Ruang Multifungsi SMPN 7 Purwakarta. Senin (09/10/2023).

Kepala Dinas Pendidikan (kadisdik) H. Purwanto, mengatakan kegiatan seperti ini penting dilakukan

“Terkadang luput dari guru-guru kita, bahwa apresiasi itu terhadap karya-karya guru itu sangat penting,” katanya

“SMPN 7 Purwakarta terus melakukan transformasi, tata letak, ruang kantor guru yang multifungsi, seperti halnya ruangan ini yang sedang digunakan untuk workshop, untuk bekerja dan terbuka,” tambahnya.

Mengelola sekolah itu, sama dengan meramu makanan (Chef) sehingga melakukan acrobat apapun di sekolah silahkan teliti.

“Maka hari ini ada Merdeka Belajar, itu salahsatu cara merdeka mengelola Pendidikan, dengan tetap mengacu pada kebijakan pendidikan, kaidah-kaidah dan disiplim ilmunya tidak dilanggar,” ujar Purwanto.

Kepala sekolah harus mampu menciptakan Ekosistem Pendidikan yang baik, Pendidikan itu harus menjadi Ekosistem bukan hanya sistem, maka segala sesuatunya harus dibuat ada interconction, saling berkaitan dan berfungsi semuanya, baik gurunya maupun sarana prasarananya

“Sehingga ada hubungan simbiosis mutualisme yang melahirkan fungsi Pendidikan, nah seperti halnya yang dilakukan di SMPN 7 Purwakarta ini sudah melakukan ekosistem Pendidikan,” katanya.

Jika ekosismtemnya baik, maka transformasi pendidikannya akan cepat, karena ekosistemnya sehat maka Guru nya bertahan disekolah, interaksi guru dengan gurunya bagus terbangun budaya kerjanya bagus.

“Karena terbangun budaya kerja bagus maka terbangun pula budaya belajar yang bagus, Karen gurunya masuk ke ruang kelas dalam kondisi yang bagus,” kata Purwanto.

Kemudian ke depannya tugas kepala sekolah menciptakan komunitas belajar yang baik. Konsep-konsep seperti inilah yang diciptakan dan diinginkan oleh Kementrian Pendidikan.

“Maka saya selalu mengatakan kepada seluruh Kepala Sekolah, silahkan melakukan inovasi, keunggulan-keunggulan, akrobatikan Kepemimpinan anda, berimajinasilah di sekolah,” tutup Purwanto. (Vans/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here