DAIRI, (BPK).- Pesta demokrasi pemilihan Kepala Desa yang diselenggarakan secara serentak di 106 Desa di Kabupaten Dairi setelah melalui proses panjang dan tahapan demi tahapan, Jumat (19/11/21) merupakan hari pertama para kandidat Kepala Desa melaksanakan tahapan kampanye di Desanya masing-masing.
Seperti di Desa Sungai Raya, Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Kabupaten Dairi pada awal hari pertama kampanyenya.
Pinto Padang, SH selaku calon Kepala Desa Nomor Urut 3 sebagai kandidat kuat calon Kepala Desa Sungai Raya tampil membaur dan merakyat dalam kesederhanaannya.
Dimna terlihat hadir memonitoring kegiatan kampanye, Camat Siempat Nempu Hulu Iis Hamidah Ujung, S.Sos, M.A.P,.
Hamidah sangat antusias melihat warga masyarakat Desa menginginkan agar Pinto Padang, SH menjadi Kepala Desa Sungai Raya Periode 2021 – 2027 untuk membawa kemajuan lintas sektoral di Desa.
Dari sekian banyak warga Desa tersebut yang berikan keterangan kepada Media ini, berhasil disimpulkan bahwa masyarakat tidak puas dengan pelayanan Pemerintahan Desa Sungai Raya Lima tahun terakhir.
“Bahkan kami warga Desa unjuk rasa ke Dinas Pemerintahan Desa dan DPRD Dairi karena merasa tidak puas dengan hasil layanan Pemerintahan Desa Sungai Raya yang tidak merata dalam setiap dusun,” sebut seorang warga.
Seperti keluhan warga Dusun V, Desa Sungai Raya di kilometer tujuh Jalan Tiga Lingga yaitu Tongga Sigalingging kepada media ini mengatakan ketersediaan pupuk didesa Sungai Raya sangat jauh dari harapan, penduduk desa Sungai Raya didominasi 90 hingga 95% petani, namun pasca petani akan memupuk tanaman, pupuknya tidak tersedia di kios yang dikelola oleh Desa.
“ketersediaan sarana air bersih sebagai kebutuhan pokok warga masyarakat di Desa sungguh sangat memprihatinkan, tidak adil dan tidak merata, belum lagi sarana infrastruktur akses jalan Desa sebagai faktor pendukung kelancaran pengangkutan hasil panen warga, dusun sikarahong misalnya yang berpenghuni sekitar 25 Kepala Keluarga (KK), akses jalannya benar-benar sangat sulit dan berbahaya saat dilalui kendaraan karena jalannya berlubang disana sini dan tidak menjadi prioritas Pemerintah Desa yang sekarang memerintah. kami benar sangat kecewa dengan layanan serta kekurangan perdulian pemerintah Desa Saat ini” tegas Tongga Sigalingging.
Menurutnya, warga masyarakat Desa disini mayoritas berprofesi sebagai petani, yang berada di enam Dusun di Desa tersebut mempunyai harapan yang sama, yaitu bagaimana cara agar kesejahteraan masyarakat meningkat.
“bukan malah Kepala Desanya berpikir untuk mengadukan warganya ke Polisi, dengan delik dugaan yang kebenarannya belum dapat dibuktikan,” sebut warga kepada media ini.
Ditambahkan warga tidak menutup kemungkinan buat masyarakat Desa Sungai Raya lainnya mendapat perlakuan yang sama.
“kami sebagai masyarakat Desa Sungai Raya menginginkan serta mendukung Bapak Pinto Padang, SH menjadi Kepala Desa Sungai Raya yang baru di Periode 2021 hingga 2027,” teriak ratusan warga penuh optimis.
disaat Pinto Padang, SH melakukan orasi kampanye Pilkades hari pertama 19 November 2021.
Masyarakat Desa tersebut sangat menyesali memilih Kepala Desa yang sekarang.
Dalam wawancara eksklusif media ini dengan kandidat kuat calon Kepala Desa Sungai Raya saudara Pinto Padang, SH, disebutkan beliau adalah warga Desa Sungai Raya, dan Ketua Koperasi Kopi Cimata yang mempunyai warga binaan petani kopi sejumlah 1.171 keluarga yang tersebar di enam Kecamatan di Kabupaten Dairi.
Yaitu Kecamatan Pegagan Hilir, Sumbul, Sitinjo, Siempat Nempu Hulu, Parbuluan dan Kecamatan Sidikalang, dan telah menyalurkan satu juta bibit kopi kepada warga binaannya.
“saya terpanggil untuk mengabdikan diri membangun Desa Sungai Raya yang berkeadilan dan mengedepankan kepentingan masyarakat lintas sentra ekonomi yang menyentuh kemajuan taraf hidup masyarakat Desa ini yang didominasi agro pertanian,” ungkap Pinto Padang.
Karena dirinya sangat mahami apa yang menjadi dilema sosial yang dirasakan masyarakat Desa Sungai Raya ini.
“Saya dengan pengalaman kerja pernah menjadi Wakil Rakyat sebagai anggota DPRD Dairi 2009 hingga 2014 sangat paham apa yang dibutuhkan masyarakat Desa Sungai Raya,” tegas Pinto.
Dirinya berharap, semoga masyarakat Desa Sungai Raya dapat menentukan pilihan berdasarkan logika dan latar belakang pemimpin Desa 2021 hingga 2027 kedepannya.
“Karena warga Desa Sungai Raya adalah masyarakat yang majemuk dan pintar untuk menentukan masa depan Desa ini kedepannya,” tutur Pinto Padang. (M. Rahman)

LEAVE A REPLY

Please enter your name here
Please enter your comment!