Terkait berita reklamasi di desa Pantai harapan jaya Kades angkat bicara”

Kabupaten Bekasi|| Berita Pemberantas Korupsi.com

Kabupaten Bekasi salah satu wilayah penyangga Ibukota DKI Jakarta yang di kenal dengan berdirinya kawasan industri di Cikarang bagian Selatan Kabupaten Bekasi.
Sementara itu wilayah Kabupaten Bekasi bagian Utara, seperti di Kecamatan Muaragembong, Babelan dan Tarumajaya salah satu akses yang strategis menuju perbatasan antara Bekasi dan Jakarta melalui jalur Utara.
Beberapa rencana pembagunan berskala nasional akan di laksanakan di wilayah tersebut dengan mengembangkan kawasan pergudangan dan perdagangan serta akses jalan tol Cimayong yang akan menjadikan wilayah di Kabupaten Bekasi bagian Utara menjadi daerah yang merata pembangunannya dengan wilayah Kabupaten Bekasi bagaian Selatan, timur yang saat ini menjadi kawasan terbesar di Asia Tenggara.
Hal ini pun akan di genjot oleh Pemerintah Pusat untuk memajukan wilayah tersebut, dengan perencanaan tata ruang yang akurat.
Desa Pantai Harapan Jaya Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi salah satu wilayahnya yang terkena pembebasan tanah timbul dan saat ini sedang ada pengerjaan penertiban oleh salah satu pihak swasta, untuk mendesain lokasi laut yang nanti nya di bangun, menjadi pusat pergudangan atau lainnya.Dan pembangunan ini sudah menjadi rencana Pemerintah Pusat sejak lama.


Dukungan dari masyarakat pun terus mengalir agar kampung dan wilayahnya yang selama ini termasuk ketinggalan dengan wilayah lain, segera di bangun dan pembangunan di Kabupaten Bekasi menjadi merata.

Kades Pantai Harapan Jaya Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi, ketika di konfirmasi awak Minggu 18/04/2021 menyayangkan dengan adanya pemberitaan sepihak dari salah satu media online yang menyudutkan dirinya dan aparaturnya, terkait reklamasi dan sulitnya nelayan kampung pondok dua untuk mencari ikan Desa Pantai harapan jaya Kecamatan Muara gembong kabupaten Bekasi, Mahir Nurmawan menjelaskan” Begini bang masalah berita yang mengatakan bahwa Kepala Desa belum membayar kan uang ganti rugi kepada bapak (Sapidih red), kami dari Pemerintah Desa sifatnya hanya pelayanan masyarakat dan bukan juru bayar, maka komentar pak (Sapidih-red)di media itu tidak benar apa adanya.ucap Kades Mahir.

Masih kata Mahir menjelaskan” pembayaran yang di terima pak Sapidih itu adalah uang fee dari hasil ganti rugi oper garapan air seluas 84 hektar yang terletak di desa Pantai harapan jaya kecamatan Muara gembong kabupaten Bekasi, atas nama 43 orang (Nano cs) dari bapak Suyatno selaku penggarap, Dan selanjutnya pak Sapidih sudah menandatangani pernyataan secara tertulis sebagai bukti penerimaan uang fee ganti rugi yang mengatasnamakan kelompok nelayan, Kemudian terkait keluhan masyarakat mengenai sulitnya tangkapan ikan itu bukan di sebabkan dengan adanya kegiatan penertiban bibir pantai, namun itu sebabkan akibat pencernaan air dari limbah pabrik” jelas nya.
Salah seorang warga nelayan yang tidak mau di sebut namanya mengatakan” Saya atas nama nelayan tidak merasa di rugikan,malah merasa di untungkan dengan adanya kegiatan pesisir yang lagi di bangun buat tambak.
kebetulan saya sudah beberapa tahun melaut ini tidak mendapatkan hasil yang maksimal karena pencernaan kali Cikarang Bekasi Laut (CBL) Alhamdulillah saya sekarang bisa bekerja di daerah pesisir ini yang lagi di bangun buat tambak di kampung Pondok Dua RT 01 RW 01 yang nantinya akan di kelola oleh masyarakat kampung Pondok Dua, Dan saat ini dalam pelaksanaan penertiban sudah dapat memperkerjakan kurang lebih 70 orang warga setempat” ucapnya
Sementara itu kepala Dusun, Pian menjelaskan” Saya sangat mendukung dengan adanya program penertiban wilayah pesisir pantai, yang tadi tambak sudah bertahun tahun tidur atau terkena abrasi ini akan di kembalikan lagi agar lahan yang tidur tadi dapat bermanfaat buat masyarakat khususnya warga kampung Pondok Dua. Dan saya mengucapkan terimakasih kepada pengusaha swasta yang telah perduli kepada warga nelayan atau petani tambak yang selama ini kesulitan mencari tangkapan ikan atau pelihara udang dan Bandeng. Mudah mudahan dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat di berdayakan agar dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari”jelasnya
(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here