Ilustrasi. (dok)
PALEMBANG, BPK – Pemberantasan kasus korupsi dana Hibah dan Dana Bansos Provinsi Sumsel tahun Anggaran 2013, belum sampai ketitik kordinatnya, pasalnya gerombolan pejabat garong dana hibah dan bansos tahun 2013 masih banyak yang berkeliaran menghirup udara segar. Waspada ada maling berteriak maling, dibelakang proses hukum dana hibah dan bansos sumsel.terbukti sampai saat ini kasus mengenai Dana Hibah dan Bansos Provinsi Sumsel tahun Anggaran 2013 belum keunjung tuntas. Kejaksaan Agung, KPK, dan Mabes Polri belum juga menangkap Petinggi Sumsel, Alex Noerdin, sebagai tersangka penyimpangan Dana Hibah dan Bansos yang merugikan keuangan negara.

Penyaluran Dana Hibah dan Bansos yang terjadi pada tanggal 1 Juli 2013. Herman Deru Mantan Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Maphilinda Boer mengajukan bukti tambahan gugatan Pilkada Gubernur Sumatera Selatan, di antaranya ada dua bukti tambahan berupa copy Surat Keputusan Gubernur Sumatera Selatan No.306/KPTS/BPKAD-II/2013 tentang daftar penerima Hibah dan Bansos Sumsel, juga copy Pergub No.53 tahun 2012 tentang APBD Sumsel 2013.

Gugatan tersebut dikabulkan sebagian oleh Mahkamah Konstitusi (MK) dengan Pemungutan Suara Ulang di beberapa lokasi. Hasil kemenangan tergugat pada Pemilihan Suara Ulang tersebut menetapkan pasangan Alek Noerdin dan Ishak Mekki menjadi pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan. pada tanggal 14 Juni 2014 BPK RI mengeluarkan LHP terhadap APBD Sumsel No. 32.C/LHP/VIII. PLG/06/2014 tentang Realisasi Belanja Hibah Sebesar Rp. 821.939.561.916 Belum Dipertanggungjawabkan.

Berkaitan dengan gugatan Deru Maphilinda yang telah dikabulkan sebagian dan diputuskan oleh MK, keputusan tersebut merupakan final dan mengikat. Keputusan disampaikan ke pihak penegak hukum untuk ditindaklanjuti, ada unsur tindak pidana korupsi ke KPK, Mabes Polri, dan Kejaksaan Agung, dengan alat bukti tambahan LHP BPK RI mengenai temuan pada APBD Sumsel tahun 2013. Maka, Kejaksaan Agung melakukan penyelidikan yang dimulai pada bulan Oktober 2014.Penyelidikan yang berlangsung hingga 2015 ditingkatan menjadi penyidikan pada bulan September 2015 hingga penetapan tersangka pada Juni 2016.

“Laonma telah terbukti bersalah dalam kasus dugaan korupsi Dana Hibah di Sumsel,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Selasa (31/5/2016). Kedua tersangka diduga terlibat dalam kasus korupsi Anggaran Daerah pada 2013 yang merugikan negara sebesar Rp 2,38 miliar.“Sejak perencanaan, penyaluran, penggunaan, dan pertanggungjawaban Dana Hibah serta Bansos, dilakukan tanpa melalui proses evaluasi SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) sehingga diduga terjadi penggunaan dana fiktif yang tidak sesuai peruntukan,” lanjut Amir (Kapuspenkum Kejagung).Pasalnya, Penyidik Kejaksaan Agung disinyalir terlihat Lamban menangani kasus penyaluran Dana Hibah dan Bansos Provinsi Sumsel tersebut, sehingga penyelidikan dan penyidikan memakan waktu hingga lebih dari 2 tahun.

Penyidik Kejaksaan Agung meneliti secara profesional untuk mencari pelanggaran di dalam prosedur perundang-undangan tentang penyaluran Dana Hibah dan Bansos jika ada keterlibatan Gubernur Sumatera Selatan Semua penerima hibah wajib diverifikasi kelengkapan administrasi dan persyaratan penerima hibah sesuai Permendagri No. 32 tahun 2011, dan bila ada penerima hibah yang tidak diverifikasi, maka terjadi pelanggaran wewenang oleh penyelenggara Negara yang berpotensi merugikan Negara.

Kemudian yang berwenang memfasilitasi, memverifikasi, dan mengajukan proposal penerima Dana Hibah ke Pemerintah Daerah dalam hal ini Kesbangpol dan Linmas, karena persyaratan penerima hibah harus terdaftar di Kesbangpol dan Linmas. Bila ada verifikasi selain KesbangPol maka verifikasi tersebut tidak sah.Untuk para calon penerima hibah harus mengajukan proposal bantuan pada tahun sebelumnya, jadi ada penerima hibah tanpa mengajukan proposal di tahun sebelumnya, maka hibah tersebut melanggar Permendagri No. 32 tahun 2011.

BPKAD menerima usulan penerima hibah yang telah diverifikasi dan memenuhi syarat dari Kesbangpol dan Linmas, kemudian menyesuaikan nilai proposal tersebut sesuai dengan alokasi anggaran, kemudian diajukan ke gubernur untuk disetujui dan dikeluarkan SK persetujuan.Gubernur selanjutnya menerbitkan SK persetujuan nama-nama penerima hibah dan nilai besaran proposal yang telah direvisi Kesbangpol dan Linmas /BPKAD, dan mendelegasikan penandatanganan NPHD (Nota Perjanjian Hibah Daerah) ke SKPD terkait.

Setiap penerima hibah harus menandatangani NPHD (Nota Perjanjian Hibah Daerah) sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Pasal 13 pada: a) Ayat (1) yang menyatakan bahwa setiap pemberian hibah dituangkan dalam NPHD yang ditandatangani bersama oleh kepala daerah dan penerima hibah.

Dan, b) Ayat (2) yang menyatakan bahwa NPHD sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling sedikit memuat ketentuan mengenai: (1) Pemberi dan penerima hibah; (2) Tujuan pemberian hibah; (3) Besaran/rincian penggunaan hibah yang akan diterima; (4) Hak dan kewajiban; (5) Tata cara penyaluran/penyerahan hibah; dan (6) Tata cara pelaporan hibah serta Fakta Integritas dengan pemerintah daerah dalam hal ini gubernur, atau dikuasakan gubernur ke SKPD (Dinas) terkait untuk pencairan dana proposal ke rekening penerima hibah.

LSM, Ormas, dan Organisasi Nirlaba hanya berhak menerima hibah 1 X dalam 3 tahun. Penerima hibah bertanggungjawab terhadap penggunaan dana hibah sehingga bila ada penggunaan dana hibah di luar ketentuan dan proposal, maka hal tersebut dapat dianggap penggelapan uang Negara.Wartawan dan perusahaan media tidak berhak menerima bantuan hibah karena ada jalur tersendiri yaitu Advetorial Pemberitaan.Dalam tahun 2013 hanya 428 LSM, Ormas, dan Organisasi Nirlaba yang diverifikasi oleh Kesbangpol Linmas Sumsel, dengan alokasi dana hibah sebesar Rp 35 milyar dari total Rp. 2,1 trilyun dana hibah yang dialokasikan.

Hibah Aspirasi DPRD Sumsel sebesar Rp 114 milyar disinyalir melanggar Permendagri No. 32 tahun 2011 karena tidak diverifikasi oleh Kesbangpol dan Linmas Sumsel, dan tidak ada pengajuan proposal pada tahun sebelumnya.Penambahan dana hibah sebesar Rp 700 milyar pada tahun 2013 dapat dikategorikan pelanggaran wewenang oleh pengambil kebijakan karena diduga melanggar prosedur perundang-undangan.
Tanpa pengajuan proposal tahun sebelumnya dan disinyalir tanpa verifikasi administrasi dan kelengkapan data penerima hibah, atau menurut Arminsyah (Jampidsus) penggunaan anggaran di luar APBD Sumsel.

Dari masalah tersebut di atas, sangat jelas di dalam LHP BPK RI Prov Sumsel tahun 2013 dinyatakan, masalah tersebut mengakibatkan adanya potensi merugikan keuangan daerah, dikarenakan BPKAD Provinsi Sumsel kurang melakukan pengawasan atas penggunaan dana hibah kepada pengguna hibah. Dan, penerima hibah lalai dalam menyampaikan laporan pertanggungjawaban atas penggunaan dana hibah yang diterimanya.

Perlu diketahui, di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Pasal 16 ayat (1) yang menyatakan bahwa penerima hibah berupa uang menyampaikan laporan penggunaan hibah kepada kepala daerah melalui PPKD dengan tembusan SKPD terkait.

Kemudian dalam Peraturan Gubernur Sumatera Selatan Nomor 26 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengelolaan Belanja Hibah dan Bantuan Sosial Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Pasal 16 ayat (1) yang menyatakan bahwa penerima hibah berupa uang menyampaikan laporan penggunaan hibah kepada Gubernur melalui PPKD dengan tembusan Kepala SKPD terkait.Kejaksaan Agung telah mengantongi barang bukti guna menetapkan para pejabat Pemprov Sumsel, sebagai tersangka kasus Dana Hibah dan Bansos sebesar Rp2,1 triliun, 2013.“Tim penyidik telah memperoleh banyak kemajuan. Saya tidak dapat mengungkapkan itu, karena proses penyidikan tengah berlangsung,” kata Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Arminsyah, di Kejagung. Arminsyah tidak menutup kemungkinan para pejabat Sumsel, termasuk Gubernur Sumsel Alex Noerdin, diantaranya menjadi tersangka. “Dimungkinan saja. Kenapa tidak?,” ujar Arminsyah seraya.  (RED)

LEAVE A REPLY

Please enter your name here
Please enter your comment!