PAGARALAM. Kerinduan Pulang ke dusun, ditempat kampung halaman asal muasal orang tuanya terdahulu dilahirkan, dalam istilah lama Pagaralam, orang yang akan balek mesti membawah buah tangan berupa Lemang.

Istilah tersebut menyiratkan hikmah tersendiri, dimana bukti kecintaan terhadap sanak keluarga yang akan dikunjungi, ada cidera mata yang diberikan “menginjik anjamkah deng beghadeng dusun laman” dalam istilah besemah, hal tersebut dimaknai bukti rasa cinta seseorang akan sanak kerabatnya,

Meskipun secara pisik yang di dibawahkan bukanlah Lemang berbentuk makanan, oleh-oleh berupa kegiatan serta hal-hal yang bermanfaat bagi sanak keluarga yang di kunjungi,juga mengandung makna hal yang serupa.

Sembari datang berziarah ke Kampung Halaman, tempat asal neneknya dilahirkan di dusun Lubuk Buntak kecamatan Dempo Selatan, Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Pagaralam 2024, Hepy – Efsi membawakan oleh-oleh berupa 3 jenis Pelayanan Kesehatan secara Gratis.

Dijelaskan oleh ketua tim Pemenangan Irawan Banusin melalui ketua Pemenangan kecamatan Dempo Selatan, Amirullah Hilkarim menerangkan, ” kali ini Bunda Hepy-Efsi belanju kedusun laman membawah tiga oleh-oleh untuk Masyarakat Dempo Selatan, Sunat Gratis, KIR Mata gratis, KB gratis,”ungkapnya

Sementara dalam sambutan Hepy safriani menyebutkan nineng kami memang berasal dari Tebat Gunung ini namun sudah pindah ke tinggi Ari, “Alhamdulillah hari ini kami sekeluarga bersama dinda Efsi belanju ke dusun nak ngajak membangun dusun laman,

Kami bersama dinda Efsi membawa oleh-oleh KB Gratis, Sunatan Gratis, dan Pelayanan KB gratis, semoga bisa bermanfaat buat adek sanak keluarga di Dempo Selatan ini, “jelasnya.

Tidak hanya disitu, Bunda Hepy juga berjanji akan mengangedakan program pelayanan kesehatan Gratis bagi masyarakat kota Pagaralam kedepannya, jika mana diberikan amanah oleh masyarakat sebagai Wali kota Pagaralam kedepan.

Sebagai Dewan Pembina Pemenangan Hepy-Efsi, DR Joncik Muhammad berjanji akan berusaha dengan sekuat tenaga untuk kota Pagaralam, di hadapan dan sanak keluarga yang hadir, dirinya akan ikut berusaha sekuat tenaga memperjuangkan kemajuan kota Pagaralam.”jelasnya pada Kamis, 03/07/24.

(Jurnalis: Ujang)

LEAVE A REPLY

Please enter your name here
Please enter your comment!