Muratara – Kepala Desa Sukaraja kecamatan karang jaya kabupaten Musi Rawas Utara Buka lahan pembibitan pohon Gaharu guna untuk mengurai angka pengangguran.

ARFANDI Kepla Desa Sukaraja waktu ditemui awak media mengatakan tujuannya membuka lahan pembibitan Gaharu (Karas) untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat 13 Juni 2024

” Tujuan saya membuka lahan pembitan Gaharu ini selain Untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat khususnya masyarakat Desa saya, Suka Raja pohon garuh ini nantinya akan di tanam di sepanjang aliran sungai guna untuk melestarikan lingkungan hidup” ujarnya.

Pembibitan ini sudah berjalan selama beberapa bulan dalam tahun 2024 inj , upah satu buah mengisi polibek kecil yang berukuran /4 kg Rp. 1.000 (satu ribu rupiah) jumlah karyawan yang saya pekerjakan saat ini kurang lebih sekitar 70 orang” Jelasnya.

Dalam satu hari kerja ada yang mendapatkan gaji mencapai Rp.400 empat ratus ribu rupiah per orang tergantung banyaknya jumlah polibek yang dapat Mereka isi “ungkapnya.

Jumlah pembibitan Gaharu yang ingin saya persiapkan untuk awal ini setidaknya 1 juta pohon, setelah selesai pembibitannya nanti saya akan gaji lagi untuk menanam nya 2000 per berbatang di sepanjang aliran sungai” ungkapnya.

Bibit yang saya buat ini bukan hanya untuk masyarakat Sukaraja saja, siapa saja yang mau menanam bibit pohon gaharu ini di lahan
mereka silahkan ambil saya kasih gratis ” kata Kepla Desa Suka Raja

Lanjutnya” Pohon Gaharu yang ditanam nanti Setelah 7 tahun kedepan itukan bisa dipanen harga jualnya sangat lumayan mahal mencapai milyaran rupiah per kilo kalau yang super.

Bagi masyarakat yang mempunyai pohon Gaharu di lahan miliknya 1-2 batang kalau ingin dijual kami membelinya, cuma nati setelah sudah kami beli tolong jangan ditebang biar kita rawat dulu sampai waktu panen” terangnya.

Kalu tidak mau dijual ingin mengurus sendiri silahkan kami bantu perawatannya secara gratis, karna kami sudah menyiapkan orang dari Tailand yang ahlinya dalam bidang perawatan pohon Gaharu nati pohonnya akan kami beri suntikan” jelas Kepla Desa suka Raja

ITAL 40 warga desa Sukaraja ucapkan terimakasih banyak dengan adanya lowongan pekerjaan mengisi polibek pohon Gaharu ini kami masyarakat merasa sangat terbantu,” tutupnya.

(Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your name here
Please enter your comment!