LAHAT, (BPK).- Spal merupakan saluran untuk membuang air buangan dari kamar mandi, tempat cuci dan juga dapur. Jika sistem pembuangannya tidak bagus maka akan menjadi penyebab penyebaran penyakit, juga mengotori lingkungan. Semakin padat sebuah pemukiman tentunya pembuangan limbah rumah tangga menjadi masalah besar, apalagi dengan jalan yang sempit akan sangat sulit membuat got di kanan kiri jalan, pasalnya akan memakan jalan dan menjadi semakin sempit.Pembangunan SPAL menggunakan Anggaran Dana APBDes bisa juga APBD.

Namun Masyarakat Desa Muara Siban dusun 2 Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan membangun Siring Pembuangan Air Limbah (SPAL) dengan biaya dan tenaga sukarela.

Seperti yang diungkapkan Warga Desa Muara Siban Dusun dua (2) Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan yang mengaku bernama Adi 23-06-2022 mengatakan,kami membuat Siring Pembuangan Air Limbah masyarakat ini dikarenakan saat musim hujan di lingkungan kami ini terkena banjir,sudah sangat sering banjir dan warga banyak yang mengeluh,pernah diusulkan untuk Pembangunan Siring kePemerintahan Desa namun sampai saat ini belum juga ada pembangunan yang kami usulkan tersebut,Walaupun dengan peralatan dan biaya seadanya namun kami tetap semangat.

Hal senada yang diungkapkan warga desa Muara siban Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan yang mengaku bernama Sander 23-06-2022 mengatakan kami sangat was- was pada saat musim hujan karena tempat kami pasti banjir itu mengakibatkan sumur kami menjadi berbau busuk dengan tidak adanya siring pembuangan air Limbah,sedangkan air sumur sangat berguna untuk kebutuhan sehari-hari,seperti masak,mencuci dan mandi.

Meskipun dengan perlengkapan dan biaya seadanya tidak menyurutkan semangat kami,dan alhamdulilah ada bantuan dari Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Forum Komunikasi Keluarga Besar Naga Merah Toto Dwiyanto kami sangat berterimakasih atas bantuan bahan yang diberikan kepada kami,semoga Forum Komunikasi Keluarga Besar Naga Merah Bertambah maju,sukses dan kedepannya lebih banyak membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan,”tambahnya”.

Toto Dwiyanto Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Forum Komunikasi Keluarga Besar Naga Merah (DPP FK2BNM) 23-06-2022 mengatakan,saya sangat bangga dengan Kesadaran dari masyarakat Desa Muara Siban Dusun 2 bergotong royong membangun Desa walaupun dengan tenaga dan pasilitas seadanya,semoga dengan dibangunnya siring ini sangat bermanfaat bagi warga sekitar agar disaat musim hujan tidak banjir lagi,”ujarnya”. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here