DAIRI, (BPK).- Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu bersama dengan Dinas Sosial mengunjungi dan memberikan bantuan dari Kementerian Sosial melalui UPT Balai Insyaf Medan kepada masyarakat disabilitas, Jumat, (19/11/21).
Bantuan yang diberikan berupa modal kewirausahaan dan juga bantuan lainnya yang dibutuhkan oleh para warga penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Dairi.
Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan ini adalah sebagai bentuk Pemerintah hadir ditengah-tengah masyarakat melalui program yang disebut dengan ‘Kemensos Hadir” yang tujuannya agar menyasar masyarakat yang memerlukan perhatian khusus di daerah. Diharapkan bantuan ini bisa mengurangi beban keluarga saudara-saudara yang penyandang disabilitas.
“Saya datang dan hadir disini bersama dengan Perwakilan Kementerian Sosial melalui UPT. Balai Insyaf Medan juga dari Dinas Sosial Kabupaten Dairi merupakan bentuk kehadiran pemerintah secara langsung untuk memberikan perhatian dan kepedulian kepada bapak, ibu dan saudara-saudara kami yang berkebutuhan khusus atau disabilitas” terang Eddy.
“Disini ada program yang kita ajukan ke Kementerian Sosial. Bantuan ini diserahkan kepada keluarga masyarakat untuk kiranya dapat menjadi modal mandiri. Mudah-mudahan ini bisa dimanfaatkan dengan baik baiknya, sehingga akan mendorong ekonomi rumah tangga masyarakat. Saya atas nama pribadi dan atas nama Pemkab Dairi mendoakan agar masyarakat yang mengalami disabilitas bisa terbantu” jelas Eddy.
Adapun keluarga yang menerima bantuan dari UPT. Balai Insyaf Medan Yakni,
Grace natalia Siburian dengan kebutuhan Kewirausahaan,
Cinta Kasih Siburian dengan kebutuhan Kewirausahaan,
Yudhi Anrico Gultom dengan kebutuhan Kursi Roda,
Sahrul Tinambunan dengan kebutuhan kursi roda,
Andi Sinambela dengan kebutuhan Kewirausahaan,
Revand Michael Aritonang dengan kebutuhan Kewirausahaan, dan
Vallencia Siregar dengan kebutuhan Kursi roda.
Di kesempatan itu juga, Bupati meminta Kepada Dinas Sosial dan lembaga terkait agar kedepannya lebih memperhatikan kondisi masyarakat khususnya yang disabilitas. Kebutuhan lainnya yang sangat penting seperti, Pelayanan Jaminan Kesehatan, Pendidikan dan sebagainya.
Dalam kegiatan tersebut Bupati didampingi Pekerja Sosial Muda/ Sub Koordinator AAS, Glorya Purba, Pekerjaan Sosial BRSKPN Suarno, UPT. Balai Insyaf Medan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Dairi Parulian Sihombing.(M. Rahman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here