Palembang- beritapemberantaskorupsi.com
Pembukaan Forum In Research Science and Palembang Technology (FIRST) dan Expo Produk Hasil Perguruan Tinggi, Vokasi dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2024, dengan tema “Vocational Education Role in Advancing South Sumatera’s Key Sectors through Innovation and Technology”. Senin (21/10/2024)

Dalam sambutannya, Asisten III Administrasi dan Umum Prov. Sumsel Zulkarnain, S.E., M.M, mengatakan, Kegiatan ini hendaknya menjadi ajang strategi sebagai para peneliti akademisi transisi industri peserta didik untuk bertukar ide, menjalin kolaborasi, dan menampilkan hasil-hasil yang terbaik. Saya yakin melalui forum ini akan menghasilkan inovasi baru yang dapat mendorong kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Program fasilitasi kemitraan yang bertujuan untuk mempromosikan inovasi dan hasil karya dari berbagai industri pendidikan vokasi di provinsi Sumatera Selatan, Ini merupakan bukti nyata bahwa pendidikan vokasi di Indonesia telah melangkah maju menghasilkan karya-karya yang relevan dengan kebutuhan yang ada di Sumatera Selatan khususnya dan di Indonesia secara umumnya,” Tuturnya.

Mewakili Direktur Polsri, Ir. Irawan Rusnadi MT, Wakil Direktur Polsri, Drs Zakaria M.Pd dalam sambutannya berharap program-program ini nanti bisa berjalan dengan baik, bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk semua.

“Forum In Research Science and Palembang Technology (FIRST) ini merupakan program tahunan yang lakukan setiap tahun dengan mengundang mitra-mitra yang ada di luar negeri,” Ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Ade Silvia Handayani menuturkan, Jadi kita mempromosikan serta mengundang industri, dan pemerintah daerah agar bisa melihat ini yang dihasilkan oleh pendidikan tinggi, vokasi. Harapan kita hari ini selain sinergi adalah mempromosikan hasil penelitian.

“erta memberikan peluang bagi dosen untuk saling bertemu langsung dengan industri dan Pemerintah Daerah bahwa yang kita hasilkan ini bukan hanya produk yang berguna bagi masyarakat tapi juga produk yang dibutuhkan oleh industri,” Terangnya.

Program fasilitasi kemitraan ini adalah program dari mitra studi yang mensinergikan antara pemerintah, pendidikan, vokasi, dan juga industri, salah satunya adalah Expo yakni memamerkan, menyebarluaskan, mempromosikan hasil dari inovasi dosen-dosen yang ada di perguruan tinggi, vokasi, dan juga SMK.

“Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan atau menyebarluaskan hasil dari teknologi, inovasi yang dihasilkan dosen, guru, mahasiswa, dan siswa-siswi dari SMK. Kegiatan kemitraan kedepannya diharapkan dapat lebih mendorong potensi yang ada di daerah seperti karet, kopi, kelapa, tebu dan lain-lain,” Bebernya

Ke depannya teknologi atau hasil penelitian akan dikelaskan berdasarkan kebutuhan di daerah, sehingga jangan sampai hasil tidak hanya digunakan di daerah tapi juga digunakan oleh daerah lain, yang artinya dapat menambah income di daerah tersebut.

“Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pendidikan vokasi,” Pungkasnya (Team)

LEAVE A REPLY

Please enter your name here
Please enter your comment!